Minggu, 11 Desember 2011

Apa yang Harus Dilakukan Setelah Lulus Sekolah?

Kebanyakan orang merasa kebingungan, mau jadi apa saya nanti kelak? Semua hal itu adalah manusiawi karena saya pun merasa seperti itu ketika setelah lulus dari Sekolah baik itu Sekolah Menengah Atas ataupun perkuliahan. Perasaan takut untuk tidak mendapatkan pekerjaan, menjadi pengangguran, takut menjadi bahan pembicaraan orang, ditertawakan orang, dan lain sebagaimana. Semua perasaan itu yang pasti terjadi ketika teman-teman lulus dari SMA atau kuliah. Tetapi setelah saya rasakan itu semua, dan saya lalui, ternyata perasaan itu semua hanyalah fatamorgana saja. Intinya, dalam menjalani hidup itu seperti halnya menjalankan sebuah mobil. Jika, teman-teman ingin mengendarai sebuah mobil maka harus tahu caranya bagaimana mengendarai mobil. Dimulai dari bagian-bagian penting apa saja yang harus dioperasikan sehingga mobil tersebut bisa jalan hingga perhitungan-perhitungan kita setelah mobil tersebut dijalankan. Sama halnya dalam menjalani hidup, ada hal-hal penting yang harus diketahui teman-teman semua agar hidup teman-teman dapat berjalan dengan baik, mereka antara lain :

1.   Ilmu, dengan ilmu pekerjaan apapun bisa dilakukan. Jangan takut dan jangan malu untuk belajar. Karena, tidak ada seorang ahli yang benar-benar instan menjadi seorang ahli. Keahlian hanya bisa didapat setelah melalui beberapa kegagalan. Selalu diingatkan dalam benak, bahwa tidak ada manusia yang benar-benar mutlak bodoh. Karena Tuhan telah menciptakan manusia dengan berbagai kekurangan dan berbagai keunggulan yang berbeda-beda.
2.   Amal, setelah mendapatkan ilmu sesuai yang diinginkan. Maka, selanjutnya adalah dipraktekkan, yaitu dengan mengamalkan ilmu yang kita dapatkan itu kepada orang lain. Artinya adalah membantu orang lain yang sedang membutuhkan kemampuan kita. Jangan pernah berpikir untuk mendapatkan imbalan dari orang yang kita bantu, namun jika ia yang memberikan, maka terimalah dengan baik. :)
3.   Iman, dalam konteks ini iman yang dibicarakan adalah seperti hati nurani, sifat manusiawi, dan sejenisnya. Karena orang yang beriman pasti dia taat pada ajaran-ajaran agama. Artinya adalah disini membutuhkan sebuah sikap yang sangat diwajibkan oleh ajaran agama, yaitu kejujuran. Dengan sikap yang jujur, maka insya Alloh terhindar dari berbagai pandangan buruk dari orang lain. Maka, tidak akan ada istilah "sogokan atau korupsi itu adalah rezeki", haha.

Hal diatas adalah sebuah tips bagi para calon pejuang kehidupan. Hehe..
Selalu berdo'a dan tetap berusaha adalah sikap paling baik dalam perjuangan, Karena berdasarkan rumus yang saya dapat dari seseorang bahwa Do'a + Usaha = Hasil.....

Terima kasih bagi para pembaca blog saya. Ikuti selalu perkembangannya, karena akan ada banyak hal-hal lainnya yang lebih menarik dan lebih bermanfaat (Insya Alloh)..

Salam
Ganjar Firmansyah

1 komentar:

Jika ada sesuatu yang ingin disampaikan, silahkan komentar disini. Insya Alloh dalam waktu dekat saya akan membalasnya. Terima kasih...

Blogger news